Contoh teks naskah surat lamaran cerita dongeng: Cerita Legenda Pulau Komodo

Cerita Legenda Pulau Komodo

Kisah cerita legenda Pulau Komodo

cerita legenda komodo

Kisah legenda Pulau komodo ini menceritakan asal mulanya banyak hewan komodo di pulau komodo tersebut. Cerita legenda pulau komodo tersebut dikisahkan turun-temurun dan menyebar dari mulut ke mulut di kalangan masyarakat sekitar pulau kadal raksasa itu. Cerita Pulau Komodo ini menjadi bagian perbendaharaan dongeng-dongeng Nusantara. Legenda komodo tersebut tentu akan semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Komodo.

Di sebuah desa hiduplah seorang pemuda yang menikahi seorang wanita bernama Putri Naga yang datang dari negeri seberang. Tidak lama kemudian setelah menikah sang putri hamil dan melahirkan dua orang bayi kembar.

Kelahiran bayi sang Putri Naga semula memang sangat menggembirakan. Namun kedua bayi kembar tersebut memiliki wujud fisik yang berbeda. Wujud bayi pertama berupa manusia, sedangkan yang satunya lagi berupa seekor kadal. Karena malu, maka anak bayi sang Putri Naga yang berwujud kadal diasingkan ke sebuah Pulau.

Kisah cerita legenda Pulau Komodo ini pun berlanjut...

Seiring waktu, kedua anak kembar tersebut tumbuh remaja. Hingga suatu hari, salah satu anak yang berwujud manusia berniat untuk belajar berburu. Ditemani beberapa orang dewasa dan ibunya, diapun berangkat berburu ke sebuah pulau. Di pulau tempat berburu itu dia mulai membidik dengan panahnya ke arah sasaran seekor hewan yaitu kadal raksasa (komodo).

Sesaat sebelum anak panahnya dilepas, sang ibu mencegahnya, "Jangan kau bunuh dia nak, dia adalah saudara kembarmu", kata sang ibu. Si Anak segera membatalkan bidikannya, dia kaget lalu bertanya, "Bagaimana mungkin aku memiliki saudara kembar seekor komodo, Bunda ?"

Sang ibu pun menjelaskannya kepada anaknya, "Beberapa tahun yang lalu bunda melahirkan bayi kembar, anak tersebut adalah dirimu dan komodo tersebut. Cobalah kamu lihat di tangan komodo tersebut, ada tanda lahir yang sama denganmu". Dan benar saja di lengan mereka berdua ada tanda lahir yang sama. Dan ada akhirnya si anak pun mengurungkan niatnya untuk membunuh si komodo di pulau tersebut.

Sejak saat itu, pulau tersebut dan komodonya tidak pernah diburu.


Download teks cerita kisah legenda pulau komodo