teks naskah surat lamaran cerita dongeng: Contoh Perjanjian Kerjasama atau MoU (Memorandum of Understanding)

Contoh Perjanjian Kerjasama atau MoU (Memorandum of Understanding)

Contoh MOU (Memorandum of Understanding) - Teks Surat Perjanjian Kerjasama atau Nota Kesepakatan

Perjanjian Kerjasama atau yang dikenal pula dengan istilah nota kesepakatan - Memorandum of Understanding (MoU) adalah salah satu jenis dokumen resmi yang di dalamnya memuat penjelasan tentang persetujuan di antara dua belah pihak. Dokumen perjanjian MoU ini lajimnya digunakan di dalam sebuah perusahaan berkaitan dengan perjanjian-perjanjian atau kesepakan yang dibuat antara perusahaan dengan klien-nya. Walaupun sesungguhnya Surat Perjanjian jenis ini memiliki nilai yang tidak seformal surat kontrak.

perjanjian MOU

Bentuk MoU dapat dikenali dari ciri-ciri dari isinya yang ringkas, biasanya cukup ditulis dalam satu halaman saja, berisi hal yang dianggap paling paling pokok atau penting saja, bersifat pendahuluan saja dan biasanya dapat diikuti oleh surat perjanjian lain yang lebih terperinci, jangka waktu perjanjian yang dimuat  terbatas, dan umumnya dibuat dalam bentuk perjanjian di bawah tangan atau dapat dikatakan tidak memiliki dasar hukum yang kuat.

Dokumen MoU bukan merupakan hukum yang mengikat para pihak. Agar mengikat secara hukum, maka harus ditindaklanjuti dengan sebuah perjanjian. Kesepakatan dalam MOU lebih bersifat ikatan moral. Namun dalam prakteknya, MoU tetap disejajarkan dengan perjanjian lainnya. Ikatan yang terbentuk tidak hanya bersifat moral, tetapi juga menjadi sebuah ikatan hukum. Poin pentingnya terletak pada isi atau materi dari nota kesepahaman tersebut, bukan semata-mata pada istilah.

Sebagai contoh, MoU digunakan sebagai perjanjian kerjasama tenaga kerja atau karyawan dengan perusahaannya, perjanjian bidang kesehatan antara pasien dengan pihak Rumah Sakit misalnya, perjanjian bidang pendidikan antara Tata Usaha dengan honorer, dan sebagainya.

Berikut ini adalah garis besar contoh MoU perjanjian kerjasama.

Contoh MoU Kerjasama

Nomor:....................

Pada hari ini.......... tanggal..... bulan......tahun......, yang bertanda tangan di bawah ini:

1. Pihak Pertama
Nama: SACA MAHARDIKA
Perusahaan: CV RAKSATINJA
Jabatan: Direktur
Alamat: Jl. Logodor Indah No 23 Bandung

Berdasarkan surat keputusan Nomor: 42/UHC/IX/2016 tanggal 2 Desember 2016 dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Jabatan, yang selanjutnya dalam perjanjian ini disebut sebagai pihak pertama.

2. Pihak Kedua
Nama: JULA PERSIK
Perusahaan: META ENTERTAINMENT
Jabatan: Pimpinan Produksi
Alamat: Jl. Naroong No 12 Bandung

Yang selanjutnya disebut sebagai pihak Kedua

Kedua belah pihak sepakat untuk melaksanakan kerjasama yang dituangkan dalam suatu naskah perjanjian kerjasama dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Pihak pertama akan menyiapkan 3 set alat gamelan yang selanjutnya dapat digunakan oleh pihak kedua dalam kegiatan produksi  pembuatan film "Meta Art"
2 Pihak kedua berkewajiban menghibahkan 3 set gamelan tersebut kepada dinas pendidikan dan kebudayaan setelah kegiatan produksi berakhir.
3. Pihak kedua juga wajib menyertakan nama perusahaan pihak pertama pada ending film dan dalam segala bentuk promosi "Meta Art".

Bandung, Tanggal Dua Belas, Bulan Desember, Tahun Dua Ribu Enam Belas


Pihak Pertama                                    Pihak Kedua


( SACA MAHARDIKA )                              ( JULA PERSIK )